Kamis, 08 April 2010

kartini's day

berhubung bulan ini udah april, jadi gw mo sedikit crita (hmm...gak banyak-banyak, soalnya keburu jam pelajarannya selesai, mana guru gw cerewet abis...hehe peace Pak (^___^")v )

hari Kartini yang biasanya diperingati oleh seluruh Warga Negara Republik Indonesia ...eh nggak semuanya juga sih... biasanya diperingati setiap tanggal 21 April.. kenapa?? setahu saya (baru aja search di Google) 21 April diambil dari hari kelahiran Kartini, yaitu 21 April 1879. Ibu kita Kartini, putri sejati ♫♪♪...lhoh malah nyanyi.. maksud saya, Bu Kartini lebih sering dikenal dengan nama R.A Kartini alias Raden Ayu Kartini atau Raden Ajeng Kartini.

Lalu pada intinya, kenapa hari kelahiran R.A Kartini harus diperingati emm... bukan harus tetapi kenapa hari kelahiran R.A Kartini dijadikan sebagai hari nasional bagi orang Indonesia???

Ceritanya (sumber:Guru SD saya) Zaman dahulu kala, dimana derajat wanita itu dibedakan dengan derajat kaum pria. jadi, derajat kaum pria lebih tinggi daripada wanita..wanita tidak boleh bekerja layaknya pria, juga melakukan hal lain seperti pria. yang boleh dilakukan wanita Indonesia jaman itu hanyalah pekerjaan rumah tangga, mereka juga harus menuruti perkataan laki-laki...hmm mana mau gw??hahaha

Akhirnya R.A Kartini membuat sebuah buku terkenal yang berjudul "HABIS GELAP TERBITLAH TERANG" yang berisi sesuatu hal yang dapat menggugah semangat kaum wanita, khususnya di Indonesia. dan setelah hal itu, maka derajat kaum wanita disamakan dengan derajat kaum pria... nah sejak itulah R.A. Kartini dijadikan sebagai "Tokoh Emansipasi Wanita di Indonesia"

Sudah mengerti?????

TApi coba pikirkan, apa yang terjadi dengan kaum wanita sekarang ini. yah... gw juga wanita sih?? tapi (sumber:televisi) setahu gw, banyak wanita Indonesia yang menyalah artikan emansipasi wanita. liat aja tuh, masa' istrinya kerja trus suaminya ngurus anak???? hadew... jadi bingung gw...

eh udahan ya... moga bermanfaat (jam pelajarannya mau abis nih..hehe)

eh iya satu lagi ada pertanyaan dari gw(sumber: temen gw) "Siapa penemu lampu???"

jawabnya : R.A Kartini.. kok bisa??? lhah kan tadi katanya R.A Kartini buwad buku 'Habis Gelap Terbitlah Terang'...hehe Just Kidding (^___^")v

0 komentar:

Posting Komentar